KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KABUPATEN ACEH BESAR -- Jalan Laksamana Malahayati No. 6 Kota Jantho Aceh Besar -- Telp. 0651-92587 Fax. 0651-92571 -- www.kip-acehbesarkab.go.id -- email: surat@kip-acehbesarkab.go.id

KIP Aceh Besar Akan Lantik PPK dan PPS

Wednesday, 7 March 2018

Kota Jantho – Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Besar akan melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Pelantikan PPK akan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Maret 2018 dan PPS akan dilantik pada Sabtu, 10 Maret 2018.

Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah, mengatakan jumlah anggota PPK yang akan dilantik sebanyak 69 orang yang terbagi masing-masing tiga orang untuk dua puluh tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar. “Mereka yang dilantik adalah nama-nama yang sudah dinyatakan lulus semua tahapan ujian dan seleksi berdasarkan pengumuman KIP beberapa waktu lalu” ungkap Cut Agus.

Sementara untuk pelantikan PPS akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Maret 2018 bertempat di Aula SMKN-1 Al-Mubarkeya, Desa Kayee Leu Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. “Khusus PPS akan kita lantik dalam dua tahap, yaitu pagi hari dan sore hari. Hal ini dikendalakan jumlah PPS yang akan dilantik mencapai angka 1.700 orang lebih dari total 1.812 orang PPS yang dibutuhkan untuk Pemilu 2019 nanti, sehingga harus kita bagi ke dalam dua tahap pelantikan” lanjut Cut Agus. Menurutnya masih terdapat beberapa gampong di Aceh Besar yang belum lengkap keanggotaan PPS dikarenakan beberapa faktor. “Adanya laporan masyarakat terhadap nama-nama PPS yang dinyatakan lulus, tapi tidak memenuhi syarat sehingga harus kita revisi kembali. Seperti adanya PPS yang memiliki ikatan perkawinan, perangkat gampong dan beberapa penyebab lainnya” terang ketua KIP Aceh Besar.

Sementara itu, Muhammad Nizar, ketua Divisi SDM, yang membidangi perekrutan badan adhoc PPK dan PPS, mengungkapkan kekurangan PPS di Aceh Besar sebanyak 32 orang yang tersebar di beberapa gampong dari total 604 gampong di Aceh Besar. “KIP akan merekrut ulang untuk gampong-gampong yang kekurangan PPS ini dengan cara bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada di daerah tersebut, seperti lembaga pendidikan, karang taruna atau lembaga lainnya” jelas M. Nizar.

“KIP tidak akan melakukan pengumuman terbuka seperti sebelumnya. Karena pada saat rekruitmen terdahulu, KIP juga telah melakukan perpanjangan sebanyak satu kali, namun tetap tidak ada pendaftar dari gampong yang bersangkutan. Untuk itu sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2018, KIP akan bekerjasama dengan lembaga atau organisasi setempat untuk melakukan pengisian terhadap PPS yang masih belum lengkap keanggotaannya” terang M. Nizar.

 

*****