KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KABUPATEN ACEH BESAR -- Jalan Laksamana Malahayati No. 6 Kota Jantho Aceh Besar -- Telp. 0651-92587 Fax. 0651-92571 -- www.kip-acehbesarkab.go.id -- email: surat@kip-acehbesarkab.go.id

KIP dan Pemuda Muhammadiyah Gelar Sosialisasi Pemilukada 2017

Friday, 26 August 2016

Suasana sosialisasi Pemilihan 2017 oleh KIP bekerjasama Pemuda Muhammadiyah Aceh Besar, di Kuta Malaka (26/08)

Suasana sosialisasi Pemilihan 2017 oleh KIP bekerjasama Pemuda Muhammadiyah Aceh Besar, di Kuta Malaka (26/08)

Kota Jantho – Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Besar bekerjasama dengan Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Aceh Besar, Jumat (26/8) melakukan sosialisasi Pemilukada 2017. Acara yang berbentuk tatap muka ini berlangsung di Aula Pesantren Nurul Hikmah, Kuta Malaka, diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari keluarga besar Muhammadiyah Aceh Besar.

Dalam sambutannya ketua Pemuda Muhammadiyah Aceh Besar, Hafidh, mengatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah Aceh Besar siap berpartisipasi dan membantu KIP dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilukada 2017 mendatang. Partisipasi dan bentuk bantuan ini dapat berupa peran aktif dalam mengawasi dan melaporkan setiap pelanggaran yang dapat terjadi dalam pelaksanaan pemilu. “Disamping itu juga, bentuk partisipasi yang nyata adalah penggunaan hak pilih pada hari pemungutan nanti. Pemuda Muhammadiyah siap mendorong semua kader dan keluarga besar untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 15 Februari 2017 nanti” kata Hafidh.

Sementara itu komisioner KIP yang hadir pada acara tersebut, Muhammad Nizar dan M. Junaidi memberikan materi seputar tahapan penyelenggaraan pemilu, seperti tahapan yang sedang berjalan. “Saat ini KIP sedang melakukan tahapan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Proses ini dilakukan oleh PPS di desa masing-masing” kata Muhammad Nizar. Selain itu, Nizar juga mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih. “Insya Allah, mulai tanggal 8 September 2016, KIP melalui PPDP atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan dibantu oleh PPS akan melakukan proses pemutakhiran pemilih. Kami mengharapkan kepada masyarakat khususnya kepada keluarga besar Muhammadiyah untuk dapat mengawal proses ini, dengan memastikan namanya atau keluarganya terdapat dalam daftar pemilih. Apabila tidak terdapat nama dalam daftar pemilih, maka dapat menghubungi petugas PPDP atau PPS di desa masing-masing untuk dapat dimasukkan ke dalam daftar pemilih” himbau Nizar.

Sementara itu, Muhammad Junaidi, dalam paparannya lebih banyak membahas tentang landasan hukum penyelenggaran pemilukada di Aceh. Junaidi juga menekankan arti pentingnya peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilukada 2017. “Sukses atau tidaknya sebuah pemilu bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab KIP saja. Penyelenggara, dalam hal ini KIP dan badan adhock hanyalah pelaksana teknis, sementara masyarakat lah yang menjadi penentu kesuksesan pemilu 2017 nanti. Keikutsertaan masyarakat, baik sebagai pemilih maupun mengawasi pemilu sangat kami harapkan” tutur Junaidi.

Pada Pemilukada 2017 nanti, kata Junaidi, KIP menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dapat mencapai angka 85 persen. “Masyarakat harus menjadi penentu perubahan Aceh Besar lima tahun ke depan, gunakan hak pilih dan tentukan pemimpin terbaik kita. Bersama-sama kita ciptakan suasana kondusif sehingga tercapainya tingkat kehadiran pemilih yang tinggi pada Pemilukada Aceh Besar tahun 2017 mendatang” tutup Junaidi di akhir pembicaraannya.

**ompit**