KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KABUPATEN ACEH BESAR -- Jalan Laksamana Malahayati No. 6 Kota Jantho Aceh Besar -- Telp. 0651-92587 Fax. 0651-92571 -- www.kip-acehbesarkab.go.id -- email: surat@kip-acehbesarkab.go.id

KIP Perpanjang Pendaftaran PPS Secara Terbatas

Tuesday, 23 January 2018

Masyarakat menyesaki kantor KIP Aceh Besar dalam rangka pendaftaran calon anggota PPS dan PPS Aceh Besar

Kota Jantho – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Besar memperpanjang masa pendaftaran bagi calon anggota PPS secara terbatas. Hal ini dikarenakan sampai dengan ditutupnya masa pendaftaran terdapat desa/gampong yang tidak ada pendaftar. Sebagaimana disampaikan oleh Muhammad Nizar, Komisioner KIP Aceh Besar yang membidangi divisi SDM. “Selama pendaftaran sesuai jadwal terdahulu, ternyata masih terdapat gampong-gampong yang nihil pendaftar. Khusus untuk gampong-gampong tersebut masa pendaftarannya akan kembali diperpanjang” ujar Nizar.

Dari 604 gampong (desa) yang ada di Kabupaten Aceh Besar tercatat 181 gampong yang akan diperpanjang masa pendaftaran PPS. Perpanjangan ini dilakukan hingga tanggal 31 Januari 2018 mendatang. Berdasarkan data pendaftaran pada KIP Aceh Besar, kecamatan Simpang Tiga adalah satu-satunya kecamatan yang pendaftar calon anggota PPS terpenuhi untuk setiap gampongnya. Sementara 22 kecamatan¬† lainnya masih terdapat kekurangan. “Dari 23 kecamatan di Aceh Besar, cuma Simpang Tiga yang tidak diperpanjang pendaftaran calon anggota PPS, karena semua gampong sudah ada pendaftarnya. Sementara 22 kecamatan lainnya harus diperpanjang”, sebut M. Nizar.

Berdasarkan Surat Edaran KPU Nomor: 755/PP.05.3-SD/05/KPU/XII/2017, apabila terdapat pada proses pendaftaran calon anggota PPS belum terpenuhi maka dapat dilakukan pengulangan perekrutan sebanyak 1 (satu) kali.

KIP Aceh Besar telah mengeluarkan kembali pengumuman perpanjangan pendaftaran calon anggota PPS secara terbatas ini dan mengedarkan langsung ke gampong-gampong yang masih kekuarangan pendaftar. Masyarakat dihimbau untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung sebagai penyelenggara Pemilu tahun 2019 mendatang.

“Masyarakat silakan melihat pengumuman di gampong masing-masing atau di kantor kecamatan setempat”, himbau Nizar.

*****